KEBANGKITAN MAHASISWA DAERAH

Kebangkitan Mahasiswa Daerah

Kebangkitan Mahasiswa Daerah Sebagai agen of control dan agent of change, Mahasiswa sudah seharusnya turut andil dan berada di garda terdepan dalam membangun bangsa ini. Bangsa yang kian besar dan penuh dengan berbagai macam problema menunggu gerakan nyata mahasiswa untuk turun langsung menyelesaikan masalah. IKMMJ sebagai wadah berkumpulnya para akademisi dari kabupaten Mukomuko menjadi bagian penting dari tahap pencapaian perubahan kearah yang lebih baik untuk Kabupaten. Berbagai masalah yang terjadi di daerah masih menunggu solusi-solusi baru dari para generasi muda. Karena generasi muda lah yang seharusnya bisa menawarkan inovasi sesuai dengan kebutuhan saat ini.

IKMMJ yang masih terus kokoh dan bergerak di kota Jogja, kini mulai lebih masif dalam mencari dan mendiskusikan masalah serta memberikan tawaran solusi untuk masalah yang terjadi. Seperti hal nya masalah transparansi dana pendidikan 20% yang di isu kan dana tersebut tidak pernah sampai 20% di daerah. Kasus korupsi rumah sakit yang di bangun dengan duit rakyat, namun fasilitas dan infrastruktur rumah sakit sangat-sangat memprihatinkan, dan yang terbaru adalah ada beberapa calon mahasiswa yang tembus di SNMPTN namun terpaksa mencari bantuan orang lain karena keluarganya tidak mampu. Padahal jelas siswa dan calon mahasiswa yang tidak mampu seharusnya di danai oleh pemerintah, terlebih mereka yang lulus melalui jalur SNMPTN.

Kamudian masalah klasik yang masih terjadi di kabupaten kita adalah masalah listrik. Hingga saat ini listrik di kabupaten Mukomuko sangat minim sekali. Padahal listrik sangat membantu masyarakat dalam menjalankan proses ekonomi mereka. Pada setiap pembayaran, masyarakat juga dikenakan Pajak Penerangan Jalan (PPJ), namun penerangan jalan di kabupaten juga sangat-sangat minim sekali. Untuk apa dana PPJ tersebut digunakan? sudahkan pemerintah transparan atas penggunaan dana tersebut?

Banyak sekali PR yang harus kita pelajari untuk mengetahui masalah yang terjadi di daerah. Maka dari itu, peran mahasiswa kini adalah menjalankan fungsi kontrol untuk ikut mengawasi pemerintah dalam menjalankan pekerjaannya. Jangan sampai kesalahan-kesalahan yang lalu terjadi kembali. Kita awasi dan kritik jika pemerintah keliru atau lupa dengan visi misi dan semangat dalam pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Sudah saatnya mahasiswa bangkit dan tak terlena dengan target IPK tinggi atau lulus secepat mungkin. Mahasiswa kabupaten Mukomuko juga harus menyiapkan diri dalam persiapan pembangunan masyarakat di daerah. Terjun ke ranah publik, membangkitkan semangat belajar di kalangan pemuda lain, belajar dan paham politik serta melatih diri agar lebih peka terhadap berbagai masalah masyarakat, khususnya masyarakat daerah dan Indonesia umumnya.

Setelah berdiskusi dengan DPRD kabupaten Mukomuko beberapa waktu lalu, kini IKMMJ berencana mengadakan audiensi dengan Bupati Mukomuko yaitu bapak Chairul Huda, untuk menyampaikan aspirasi dan inovasi untuk kemajuan kabupaten Mukomuko. IKMMJ berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan masyarakat dan daerah di kabupaten Mukomuko. Kebangkitan pemuda daerah adalah salah satu cara yang harus segera kita wujudkan untuk kabupaten Mukomuko yang bersih dan bermartabat.

"Salam Ilmu Rantau Bangun Kampuang"- IKMMJ 22 Maret 2016 (Diskusi rutin setiap pertemuan IKMMJ) Ayo gabung PEMUDA DAERAH...

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Ikan Pais Lagu daerah Bengkulu

TAHAP-TAHAP YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH PENDADARAN (TAHAP YUDISIUM) AMIKOM

TRUK MILITER CANGGIH DI DUNIA